17/05/09

Pemuda Batam : Yuk jadi pengusaha

Begitu banyak kisah sukses para pengusaha besar yang dapat kita baca, baik dari koran, majalah maupun dari media lain. Namun hampir dari semua kisah sukses tersebut tidak jarang para pengusaha mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya baik itu kegagalan dalam skala kecil maupun dalam skala yang besar. Disitulah kadang orang yang tidak memiliki mental baja dan mental pengusaha yang gigih, mereka tumbang dan terjatuh. Tetapi bagi yang memang memiliki mental baja, kegagalan bukanlah segalanya. Justru dari kegagalan itu banyak diantara pengusaha menjadi makin matang karena ditempa oleh sebuah situasi dimana kita harus berpikir dan berusaha lebih keras agar apa yang dilakukanya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.
Orang yang hebat bukanlah yang tidak pernah terjatuh dan tersungkur tetapi orang yang hebat adalah orang yang mampu bangkit, berdiri dan kemudian berlari dari keterpurukan yang dialaminya.
Kegagalan harus dapat menjadi pelajaran emas agar tidak terulang dimasa yang akan datang. Ia bukan saja berguna untuk diri kita akan tetapi juga bermanfaat buat orang lain yang mau berkaca dari kegagalan kita.
Yang perlu kita tanamkan dalam diri kita adalah, kesadaran untuk terus berjuang dan berusaha secara maksimal, adapun hasilnya menjadi hak mutlaknya Allah SWT. Manusia harus menyadari bahwa apapun yang kita lakukan dan segigih bagaimanapun yang kita perbuat, manusia tidak akan mampu menciptakan sebuah hasil seperti yang diinginkannya sekiranya Allah tidak menghendaki.
Ada dua pepatah indah yang patut dan perlu kita cermati. pepatah ini bertolak belakang satu sama lain akan tetapi maknanya sangat dalam kalau kita menggabungkan keduanya. ia tidak asing buat telinga masyarakat indonesia bahkan mungkin kita hapal dengan keduanya.
Ia adalah " TAK KAN LARI GUNUNG DIKEJAR " makna dari pepatah ini adalah bahwa sebesar dan setinggi apapun cita2 kita pasti akan berhasil kalau kita berusaha mencapainya. dan yang satunya " MAKSUD HATI MEMELUK GUNUNG APA DAYA TANGAN TAK SAMPAI " makna dari pepatah ini lebih kurangnya adalah bahwa kita memiliki keinginan yang besar dan tinggi, tetapi kita juga sadar akan segudang kelemahan yang ada dalam diri kita.
Nah kalau dua pepatah ini kita gabungkan maknanya maka ia akan menjadi sebuah pepatah yang sangat dahsyat sekali. Ketinggian cita-cita yang luhur harus kita perjuangkan secara maksimal agar berhasil sesuai dengan keinginan kita, namun kita juga harus menyadari bahwa Dzat yang mampu memberikan hasil hanyalah Allah SWT. Manusia hanya berusaha tetapi Allah lah yang akan menentukan hasilnya.
Kita kembali ke lap top.

Tidak ada komentar: